Senin, 06 Mei 2013

BASSANG


Bassang...
Ya, mungkin bagi sebagian orang kata "Bassang" masih terdengar asing ditelinga dan tidak banyak orang yang mengenalnya. Namun bagi orang Makassar tentu sudah tak asing lagi dengan kata Bassang karena Bassang merupakan salah satu kuliner Khas Makassar.


Tampilan Bassang sedikit mirip dengan bubur, hanya saja Bassang terbuat dari jagung. Makanan ini terbuat dari jagung pulut yang sudah tua dan kulit biji yang sudah dikeluarkan sehingga biji jagung terlihat sangat putih. Biji-biji jagung kemudian direndam bersama dengan air santan hingga matang, yaitu biji jagung menjadi lunak.

Pada umumnya orang Makassar menikmati Bassang sebagai santapan pagi ataupun pada waktu santai dan termasuk kedalam golongan makanan ringan yang cukup mengenyangkan. Bassang lebih baik dihidangkan dalam keadaan panas dan diberi gula pasir secukupnya pada waktu disajikan. Meskipun Bassang tidak sepopuler Kuliner Khas Makassar yang lain seperti Coto, Konro, Pisang Ijo, ataupun Pallu Butung, namun bassang selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang pernah mencicipinya.

Selain rasanya yang menggugah selera, Bassang juga kaya akan kandungan gizi yang diantaranya:   
    Kalori              : 355 Kalori
    Protein            : 9,2 gr
    Lemak            : 3,9 gr
    Karbohidrat    : 73,7 gr
    Kalsium          : 10 mg
    Fosfor             : 256 mg
    Ferrum            : 2,4 mg
    Vitamin A       : 510 SI
    Vitamin B1     : 0,38 mg
    Air                   : 12 gr

Jadi jika anda berkunjung ke kota Makassar jangan lupa untuk berburu kuliner khas satu ini yah, karena dijamin anda merasakan sensasi berbada dari kebanyakan kuliner-kuliner lainnya.

*Selamat Mencoba

0 komentar:

Posting Komentar